Minggu, 27 Januari 2013

Rangkuman Pelajaran SKI Bab IV Semester 1 Kelas XII MA

Diposting oleh Unknown di 10.23

BAB IV
PERKEMBANGAN ISLAM PADA PERIODE PERTENGAHAN / ZAMAN KEMUNDURAN

·      Kemunduran Islam Abad Pertengahan
Dinasti Abbasiyah merupakan symbol kejayaan peradaban Islam. Dinasti yg berdiri tahun 132H / 750M berkuasa hampir 5 1/2 abad. Masa yg paling panjang itu dilaluinya dg pola pemerintahan yg berubah-ubah sesuai dg perubahan politik, sosial, budaya & penguasa. Berdasarkan perbedaan pola & perubahan politik itu, para sejarahwan membagi masa yg dilalui daulah Abbasiyah menjadi beberapa periode. Dari beberapa periode itu, hanya periode pertama yg mencapai masa keemasan. Namun, setelah periode pertama berakhir pemerintahan Dinasti Abbasiyah menurun. Terutama di bidang politik. Tetapi di sisi lain ilmu pengetahuan tetap berkembang pesat.
Diantara lemahnya Dinasti Abbasiyah disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain :
a.    Memberikan prioritas bangsa asing dari pada bangsa Arab
b.    Ketergantungan terhadap tentara bayaran
c.    Munculnya kerajaan2 kecil di luar Abbasiyah
d.    Serangan Bangsa Mongol.


·      Perkembangan Islam Pada Abad Pertengahan

§  Kerajaan Turki Usmani (1300-1922)
Kerajaan Turki Usmani berdiri pada tahun 1300M  dan pendirinya adalah Usman Bin Erthogul. Ia kemudian memperluas wilayah kekuasaan dg menyerang daerah perbatasan Byzabtium menaklukkan kota Broesa tahun 1317M.  Kota Broesa dinyatakan sebagai pusat kekuasaan. Pada masa pemerintahan Orkhan kerajaan Turki Usmani dpt menguasai Azmir tahun 1327M. Daerah ini merupakan bagian dari benua Eropa yg pertama kali dikuasai oleh kerajaan Turki Usmani.
Kerajaan ini banyak mengalami kemajuan, diantaranya :
a.    Kemajuan bidang militer & pemerintahan
b.    Kemajuan dalam bidang budaya & ilmu pengetahuan
c.    Kemajuan dalam bidang agama

§  Kerajaan Syafawi di Persia (1501-1732)
Pendiri kerajaan ini adalah Ismail. Sepeninggal Ismail kekuasaan kerajaan Syafawi menjadi lemah & tidak mampu bersaing dg kerajaan Turki Usmani. Kondisi ini baru bisa teratasi pada masa Abbas I (1588-1628M). Langkah yg diambil oleh Abbas pertama adalah menghilangkan dominasi pasukan Qizilbash dg membentuk pasukan baru yg anggotanya terdiri dari budak2 dari tawanan perang bangsa Georgia, Armenia, & Sircassa. Langkah kedua mengadakan perjanjian damai dg kerajaan Turki Usmani. Masa pemerintahan Abbas I adalah puncak kejayaan kerajaan Syafawi. Kerajaan ini mengalami banyak kemajuan antara lain :
a.    Kemajuan bidang ekonomi
b.    Kemajuan bidang ilmu pengetahuan
c.    Kemajuan bidang pembangunan fisik & seni

§  Kerajaan Mongol di India (1526-1857)
Kerajaan Mongol di India didirikan oleh Zahiruddin Babur (1482-1530M). Pada tahun 1530M, Zahiruddin Babur meninggal dunia setelah berkuasa lebih kurang 30 th. Selanjutnya Kerajaan Mongol dipimpin oleh putranya Humayun (1530-1539). Pada masa pemerintahannya banyak terjadi perlawanan. Akibat dari semua itu maka perintahan menjadi lemah. Humayun berkuasa selama 9 th.
Pengganti Humayun adalah putranya Syah Jihan ( Syah Johan) yg bergelar Sultan Akbar, berkuasa ketika berusia 14 th. Karena usianya yg masih relatif muda maka pemerintahan dijalankan oleh Bairam Khan, seorang tokoh dari aliran Syi’ah. Pada masa pemerintahannya kekuasaan dijalankan seperti gaya militer. Sultan Akbar terkenal dg kebijakan politiknya yg disebut Sullakhul (toleransi universal).
Kemajuan yg telah dicapai oleh Akbar masih bisa dipertahankan oleh 3 Sultan berikutnya, yakni Sultan Jehangir (1605-1628), Syah Jehan (1628-1658), dan Aurangzab (1658-1707).
Kerajaan Mongol di India banyak kemajuan2  yg telah dicapai, diantaranya :
a.    Kemajuan bidang ekonomi.
b.    Kemajuan bidang seni dan budaya.
Karya seni yg meninjol saat itu karya sastra para penyair istana. Bahasa yg digunakan adalah bahasa Persia dan India. Salah seorang penyair yg terkenal adalah Malik Muhammad Jayazi sastrawan sekaligus seorang sufi. Salah satu karya besarnya adalah Padmavad.


By : Sachu

1 komentar:

Yusuf on 7 Oktober 2015 pukul 06.45 mengatakan...

Terima kasih. kalau boleh, buat juga dalam bentuk power poin

Posting Komentar

 

Sachu Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei