Kamis, 24 Januari 2013

Contoh Resensi Buku Non-fiksi

Diposting oleh Unknown di 22.26
Jenis Buku           : Buku Non Fiksi
Judul                    : Pupuk Organik Kompos dari Sampah
Pengarang            : H. Unus Suriawiria
Tahun Terbit        : 2002
Penerbit               : Humaniora Utama Press Bandung
Tebal Buku          : 53 halaman

Sampah merupakan barang atau benda yang dibuang karena tidak terpakai lagi, misalnya : tumpukan barang bekas, sisa tanaman, atau sisa kotoran hewan. Pada kenyataannya, sampah merupakan masalah yang dapat menimbulkan banyak persoalan jika kita tidak memanfaatkannya sampah secara benar.
Salah satu manfaat yang bisa diambil adalah sebagai sumber pupuk organik (kompos)  dari sampah. Kompos adalah sejenis pupuk organik yang sangat dibutuhkan, khususnya oleh para petani sayuran. Tanpa pupuk organik, belum tentu para petani di Lembang, Pengalengan, Cipanas, Pacet dan sebagainya akan menhasilkan jenis sayuran yang berkualitas tinggi. Selain itu, manfaat sampah yang dikomposkan adalah untuk bidang kesehatan, sanitasi, kebersihan, dan bidang-bidang lainnya.
Masalah sampah ternyata bukan hanya timbul di kota besar atau daerah berpemukiman padat. Di dalam kapal ruang angkasa yang sangat terbatas penduduknya pun, sampah yang ditimbulkan membawa banyak persoalan. Karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, NASA mengerahkan segenap daya dan dana. Hanya sebagian kecil sampah yang dikelola oleh Dinas Kebersihan dengan jalan di buang atau dipindahkan ke TPA. Kecemasan itu akan bertambah jika kita melihat kenyataan tingginya produksi sampah yang sukar hancur. Para ahli persampahan memperkirakan akan timbulnya penumpukan sampah di laut.
By : Sachu

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sachu Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei